Berpuisilah ~ Lalu dengarkan Jiwamu ~ Kau Akan Menemukan yang Hilang Tak Pernah Pergi

Menulis Puisi itu Susah

Senja
Membuat puisi itu tidak semudah yang dibayangkan. Mungkin para penyair begitu mudah merangkai kata sehingga terbentuk puisi yang indah, renyah dan enak dibaca. Sedangkan penulis puisi seperti kita yang baru saja belajar menulis puisi? Itu sangatlah susah. Bahkan susah sekali. Menulis puisi tidak bisa asal-asalan. 

Penyari hebat seperti Gunawan Muhammad, Muhammad Ainun Nadjib, Zamawi Imron, mereka adalah penyair-penyair ulung yang memang tingkat keilmuannya sudah sangat mumpuni. Jadi apa yang dibuat begitu bermakna dalam tiap katanya. Simak Puisi Gunawan Muhammad.  Jelas mengandung arti yang sangat luas. Begitu juga puisi Cak Nun. Dan beberapa puisi penyair lainnya.

Namun menulis puisi itu bisa kita lakukan dengan cara belajar. Belajar membuat puisi dari satu-satu. Jangan asal seperti saya, hehe. Butuh setiap kata mengandung pemaknaan yang begitu luas. Terkadang tersirat dan terkadang tersurat. Sekarang membuat puisi juga tidak harus berima ABAB, atau AAAA, setelah adanya Chairil Anwar (Kalau tidak salah).

Untuk itu, jika ingin membuat puisi ya terus belajar dan mencoba. Orang yang tidak bisa karena tidak berani mencoba. Mau mencoba tapi takut gagal. Makanya perlu waktu untuk biasa menulis puisi itu. 
Tag : Kursus Puisi
0 Komentar untuk "Menulis Puisi itu Susah"

Back To Top